Minggu, 28 Oktober 2012

Teks atau Naskah Sumpah Pemuda Yang Benar

Filled under:

Postingan saya kali ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan wisata atau budaya Indonesia, namun masih berhubungan dengan negara kita Indonesia. Ya, Sumpah Pemuda, tepat hari ini 28 Oktober 2012 kita memperingati 84 tahun Sumpah Pemuda. Namun akhir-akhir ini banyak pemuda yang tidak tahu teks sumpah pemuda yang benar

Bahkan hari ini di acara salah satu stasiun tv nasional, pembawa acaranya membaca teks sumpah pemuda namun sayangnya yang dibaca salah. Tahun lalu pun ada di suatu daerah yang memperingati Sumpah Pemuda dan telah mencetak teksnya berupa spanduk yang sangat besar, namun lagi-lagi yang dicetak salah. Kesalahan sering kali di kalimat pertama dan ketiga.
Contohnya kalimat pertama yang salah : "Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertanah air satu, tanah air Indonesia". Padahal yang benar adalah "Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia".
Satu lagi contoh kalimat ketiga yang salah : "Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia". Padahal yang benar adalah "Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Berikut Teks Sumpah Pemuda yang benar dengan ejaan baru :
  • Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
  • Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  • Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.
Rumusan asli teks ini dituls oleh Muhammad Yamin. Untuk teks yang asli menggunakan ejaan lama yaitu untuk huruf "U" masih menggunakan "OE", untuk huruf "J" menggunakan "DJ", sedangkan untuk huruf "Y" menggunakan huruf "J". Semoga kedepannya, semua warga negara Indonesia minimal hafal akan teks sumpah pemuda yang benar.

0 komentar:

Poskan Komentar

Ar-dmShare. Thanks For Visit. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate